Tiad Hilm Rilis Single Kedua Bertajuk “Ascendunt”

MUSIC RELEASE

Tiad Hilm, penyanyi, rapper, dan juga penulis lagu dari Semarang, baru saja merilis single kedua berjudul “Ascendunt” pada 31 Juli 2019 untuk album keduanya, “Memento Mori.”

Single kedua ini pada prosesnya dibantu oleh Cosmicburp dan Naufalbahir. Berbeda dari single sebelumnya, di lagu ini Ia bernyanyi secara penuh alih-alih menyelipkan bagian rap. Menurut Hilm, emosi yang dikeluarkan lebih nyata dengan bernyanyi.

Lagu ini ditulis oleh Tiad Hilm setelah Ia mampu menerima kepergian teman dekatnya yang meninggal di tahun 2019. Perasaan bersalah, menyesal, dan sedih campur menjadi satu. Baginya, kematian adalah sebuah lelucon besar yang seharusnya tidak pernah terjadi. Cukup lama Ia bergumul di lima tahap kesedihan, walaupun pada kenyataannya Ia selalu berhenti di tahap ke-4.

Di awal tahun 2020, Hilm mengalami mental breakdown yang dipicu oleh kepergian mendiang Kobe Bryant—membuat Ia merasakan dan mengingat lagi pahitnya ditinggalkan. Hampir seminggu lebih, akhirnya Ia memutuskan untuk menerjemahkan perasaan tersebut ke dalam lagu. Niatnya lagu ini ingin Ia jadikan sebagai sebuah tribute untuk mendiang teman dekatnya.

Kendati begitu, apa yang membuat kita tetap hidup adalah penyangkalan kita terhadap kematian, dan Ia akan menganggap ini sebagai pengingat bahwa yang lebih besar dari kehidupan adalah ketiadaannya.

Tiad Hilm berharap dapat menjangkau pendengarnya yang memiliki kegelisahan atau pengalaman yang sama seperti dirinya dan lagu ini bisa dijadikan tempat untuk sekedar menuntaskan rasa rindu terhadap orang terdekat yang sudah pergi bagai sebuah monumen.

Lagu ini diproduksi oleh Cosmicburp, dibantu oleh Mac Dalen dan Naufalbahir. Pasca produksi dikerjakan oleh Pitra Prabowo. Artwork dikerjakan oleh Juan Ramadhan.