The Rang-Rangs Luncurkan Debut Album Dengan Beragam Kisah Personal

MUSIC RELEASE

The Rang-Rangs merilis sebuah album perdana bertajuk  9 Jahitan, pada 9 September 2023, berselang hampir satu dekade setelah kemunculan EP Fun The Mentals.

Album ini merangkum berbagai macam yang cukup personal seperti di lagu Engkau Dalam Semua Perjalanan”, sebuah ode dan lantunan doa dari para personel kepada sosok Ibu mereka.

Mika yang bertanggung jawab dalam penulisan lirik, berangkat dari momen berpulangnya mendiang ibu sang bassist di tahun 2021 lalu.

“Ini mungkin lagu The Rang-Rangs yang benar-benar gue fokusin, apapun yang gue lakukan bertiga, doa-doa nyokap selalu ada. Enggak pernah berkeluh, itu semua cerita tentang keyakinan dia terhadap anak-anaknya,” terang Mika.

Materi lain pun punya kisahnya tersendiri. Mereka meromantisasi waktu jam makan siang bersama pasangan masing-masing, sebuah rentang waktu yang sangat singkat namun selalu meninggalkan kesan di “Waktu Makan Siang”.

Atau simak kisah Miko yang di kesehariannya bekerja penuh waktu sebagai seorang bellboy di hotel bintang lima, sempat menemani tamu-tamu beken mancanegara seperti Raja Salman hingga Slash dalam “Bellboy Rock”.

Kepenatan akan aktivitas yang buruk berujung adiksi dikisahkan dalam “Sekarang Juga”.

Bahkan sampai membahas sosok idola The Rang-Rangs yaitu Steve Caballero yang begitu menginspirasi mereka di track “Caballero”.

The Rang-Rangs memulai proses produksi dari 9 Jahitan sejak Oktober 2022 hingga Juli 2023, termasuk proses mixing serta mastering.

Pandu Fuzztoni (The Adams, Morfem, Zzuf) juga turut memegang kendali di kursi produser agar sang trio tidak kebablasan bersenang-senang. Perekaman sendiri dilakukan di Starlight Studio oleh Jati Seno serta mastering oleh Khristian Choi.

Satu yang juga pantang terlewat adalah sentuhan Timtimebroy di departemen visual.

Setelah dirilis di berbagai layanan streaming, The Rang-Rangs tengah mempersiapkan rangkaian tur pulau Jawa di bulan Oktober mendatang serta format kaset pita yang bekerja sama dengan Greg Mike and Kim Records.