Koil Merilis Proyek Installment Kedua Bertajuk ’Second Installment’

MUSIC RELEASE

Band rock industrial asal Bandung, Koil resmi meluncurkan proyek installment terbaru mereka dengan tajuk Second Installment pada hari Minggu, 6 Juni 2021. Perilisan ini merupakan langkah lanjutan dari band beranggota Otongkoil (vokal), Donnyantoro (gitar), F.X. Adam Joswara (bass, synthesizer), dan Leon Ray Legoh (drum) tersebut dalam upayanya menuntaskan berbagai seri installment yang mereka rancang sebagai skema rencana album baru. Tahun lalu, Koil telah memulai seri perdananya dengan judul First Installment.

Setali tiga uang dengan proyek installment sebelumnya, Second Installment bisa dibilang merupakan fase bagi penggemar koil yang kadung lelah menunggu perihal kepastian rampungnya album baru Koil.

Perbedaan mendasarnya, dalam seri keduanya ini, Koil memberikan banyak kejutan dan terkesan jauh lebih bersenang-senang. Hal ini tentunya menjawab pertanyaan penggemar dan publik musik pada umumnya bahwa kreativitas bermusik Koil masih sangat prima dan tidak pudar karena usia.

Second Installment dalam hematnya dibagi menjadi tiga pilihan cakram padat berbeda yang dilepas dengan dua versi. Pertama, cetakan killer.drawing.skills berisi dua kepingan CD audio yang hanya bisa didapatkan dengan cara membeli paket t-shirt—designnya, pun dibuat khusus oleh gitaris, Donikoil (sapaan akrab Donnyantoro) dan versi kedua berupa kemasan digipack yang juga berisi dua CD audio keluaran label independen satu kotanya, Warkop Musik.

Variasi tiga cakram padat tersebut ada pada materi CD audio dengan title ‘Second Installment’. Untuk cetakan killer.drawing.skills, Koil menawarkan tiga bab musikal yang terdiri dari:

1. Rasa Sakit adalah Santet
2. Reworks and Recondition
3. Heavenly Tunes

Sedangkan untuk cetakan Warkop Musik, materi ‘Heavenly Tunes’ mereka ganti oleh bab berjudul ‘Treasure from the Past’. Kesamaan kedua rilisan baik killer.drawing.skills ataupun Warkop Musik ada pada CD audio special ‘A Tribute to Pink Floyd’.