Grup Psychedelic-Pop, Ranu Pani Merilis Single Spiritual Berjudul “Maha Sutradara”

MUSIC RELEASE

Bulan puasa dahulu identik dengan ramainya band-band yang merilis single religi tetapi belakangan hampir tidak ada band independen yang merilis single serupa.

Kali ini, Ranu Pani, band Psychedelic-Pop dari Jakarta bagian Selatan, merilis single ‘spiritual’ (jika bukan single religi) di tengah bulan Ramadhan, bulan spiritual salah satu agama di Indonesia. Single tersebut bertajuk “Maha Sutradara” yang dirilis pada Jumat, 23 April 2021 melalui berbagai platform digital streaming.

Menariknya, Ranu Pani memasukan unsur psychedelic di musiknya untuk makin menyelami perenungan spiritual. Walaupun di rilis di bulan Ramadhan, Maha Sutradara bukanlah single religi melainkan single spiritual karena lagu ini diciptakan untuk semua manusia secara universal dengan tafsir spiritualitasnya masing-masing, baik yang ‘diakui secara formal’ maupun kepercayaan-kepercayaan lainnya.

Penulis sekaligus produser Ranu Pani, Upi Maajid, menerangkan bahwa benang merah dari lagu ini adalah adanya kekuatan besar diluar kendali manusia yang punya andil akan rimba raya jagad semesta. Apakah kekuatan besar tersebut tentunya kembali lagi tergantung tafsir masing-masing pendengar.

“Maha Sutradara” merupakan single pertama yang mengantarkan perilisan debut album penuh Ranu Pani yang ditargetkan akan rilis pada akhir tahun 2021.