The Animal That Therefore I Am dan Katastrov, Rilis Split EP Bertajuk “Svbaltern”

MUSIC RELEASE

The Animal That Therefore I Am dan Katastrov merilis Split EP berjudul Svbaltern dalam format Digital, Kaset dan CD, yang kami bagikan secara gratis sebagai kontribusi terhadap musik bawah tanah dan gerakan sosial politik.  Oleh karena itu, The Animal That Therefore I Am dan Katastrov merilis EP Split ini sebagai upaya kami untuk menanggapi situasi sosial-politik yang telah terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Menyadari bahwa apa yang di lakukan tidak akan banyak berkontribusi pada perubahan sosial, karena musik bukanlah mesin perubahan sosial, tetapi hanya sebagai media ekspresi yang mencerminkan hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Kecemasan, kemarahan  terhadap peristiwa sosial-politik yang terjadi di negara ini seperti perubahan, baik dalam bentuk struktural maupun budaya, baik atas nama negara dan agama, menjadi latar belakang lahirnya Svbaltern. Oleh karena itu, Svbaltern adalah simbol perlawanan terhadap semua bentuk sistem represif.

Materi lagunya, terutama dalam EP Split ini, adalah refleksi dari situasi, yang terpikirkan masih relevan dengan realitas sosial-politik yang ada.  Itulah awal atau latar belakang EP yang dirilis ini yang diberi nama Svbaltern.

Istilah svbaltern itu sendiri mengacu pada masyarakat yang secara sosial, politik, dan geografis terletak di luar struktur kekuasaan hegemonik koloni dan tanah air kolonial.

Kata subaltern diciptakan oleh Antonio Gramsci dalam tulisannya tentang hegemoni budaya. Gramsci mengidentifikasi kelompok komunitas yang terisolasi ini dari lembaga-lembaga komunitas yang ada dan tidak punya cara untuk berbicara.

https://svbalternsplit.bandcamp.com/album/svbaltern